Pages

Peta Wilayah Swedia



Swedia adalah salah satu negara Skandinavia di Eropa Utara yang berbatasan dengan Norwegia dan Finlandia dan juga terhubung dengan Denmark lewat sebuah jembatan. Nama resmi Swedia adalah Kerajaan Swedia. Dengan luas mencapai 450.295 kilometer persegi, Swedia adalah negara terluas ketiga di Uni Eropa. Total penduduk sekitar 9,6 juta jiwa dan angka kepadatan penduduk yang relatif kecil yakni sekitar 21 jiwa per kilometer persegi. Kebanyakan penduduk tinggal di sebelah selatan negara. Sekitar 85% penduduk tinggal di daerah urban. Swedia bagian selatan didominasi oleh lahan pertanian sedangkan di sebelah utaranya terdapat hutan lebat.

Orang Jerman telah menempati Swedia sejak jaman prasejarah. Swedia dalam sejarahnya terdapat suku Gotar dan Svear yang memberikan kontribusi bagi masyarakat laut yang dikenal sebagai Viking. Swedia merdeka dan bersatu selama abad pertengahan. Pada abad ke-17, negara ini memperluas wilayahnya untuk membentuk Kekaisaran Swedia. Kekaisaran ini tumbuh sebagai salah satu kekuatan besar di Eropa pada abad ke-17 dan awal abad ke-18. Sebagian besar wilayah yang ditaklukan di luar Semenanjung Skandinavia hilang selama abad ke-18 dan 19. Bagian timur Swedia, yang kini Finlandia, diambil Rusia pada tahun 1809. Perang terakhir yang melibatkan Swedia secara langsung terjadi pada tahun 1814, yakni ketika Swedia dengan cara militer memaksa Norwegia untuk menyatukan diri. Negara ini berperan dalam misi kemanusiaan selama Perang Dunia I dan II dengan menyelamatkan pengungsi di daerah yang diduduki Jerman. Dengan berakhirnya Perang Dingin, Swedia bergabung dengan Uni Eropa dan keluar dari NATO.



natalia purba

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.