Pages

Sejarah Negara


Hasil gambar untuk sejarah negara swedia

Yang awal sejarah Swedia ditemukan dalam Tacitus yang Germania , di mana referensi dibuat untuk raja yang kuat dan armada yang kuat dari Sviones . Pada abad ke-11 , Olaf Sköttkonung menjadi raja pertama Swedia untuk dibaptis sebagai seorang Kristen . Sekitar tahun 1400 , ada upaya untuk menyatukan Swedia, Norwegia , dan Denmark menjadi satu kerajaan , tapi ini menyebabkan perselisihan sengit antara Denmark dan Swedia . Pada tahun 1520 , Denmark Raja Christian II menaklukkan Swedia dan di ” Stockholm Bloodbath ” menempatkan tokoh Swedia menyebabkan kematian . Gustavus Vasa (1523-1560) memisahkan diri dari Denmark dan kuno negara Swedia modern. Ia juga menyita properti dari Gereja Katolik Roma di Swedia untuk membayar utang perang Swedia . Raja membenarkan dirinya atas dasar doktrin Martin Luther , yang diterima secara nasional dengan dorongan kerajaan. Lutheran Swedia gereja akhirnya diadopsi sebagai agama negara.

Swedia memainkan peran utama dalam fase kedua (1630-1635) Perang Tiga Puluh Tahun ( 1618-1648 ) . Dengan Perjanjian Westphalia ( 1648 ) , Swedia diperoleh Pomerania Barat dan beberapa wilayah tetangga di Baltik . Pada tahun 1700 , sebuah koalisi Rusia, Polandia , dan Denmark bersatu melawan Swedia dan oleh Perdamaian Nystad ( 1721 ) dipaksa untuk melepaskan Livonia , Ingria , Estonia , dan bagian dari Finlandia . Swedia muncul dari Perang Napoleon dengan perolehan Norwegia dari Denmark dan dengan dinasti kerajaan baru yang berasal dari Marsekal Jean Bernadotte dari Perancis , yang menjadi Raja Charles XIV ( 1818-1844 ) . Persatuan buatan antara Swedia dan Norwegia menyebabkan hubungan yang tidak nyaman , dan serikat pekerja itu akhirnya dibubarkan pada tahun 1905 . Swedia mempertahankan posisi netralitas dalam perang dunia kedua .
Kebijakan Sosialis Dominasi Swedia untuk Sebagian besar abad ke-20 dan Ke -21

Struktur rumit legislasi kesejahteraan , ditiru oleh banyak negara yang lebih besar , dimulai dengan pembentukan pensiun hari tua pada tahun 1911 . Kemakmuran ekonomi berdasarkan kebijakan netral yang diaktifkan Swedia , bersama-sama dengan Norwegia , untuk pelopor dalam program keamanan kerja kesehatan masyarakat , perumahan , dan . Empat puluh empat tahun pemerintahan Sosialis berakhir pada tahun 1976 dengan pemilihan koalisi Konservatif yang dipimpin oleh Thorbjorn Fälldin . Kaum Sosialis yang kembali berkuasa dalam pemilihan tahun 1982, tapi Perdana Menteri Olof Palme , seorang Sosialis , dibunuh oleh pria bersenjata pada 28 Februari 1986 , meninggalkan Swedia tertegun . Kebijakan dalam negeri Sosialis Palme yang dilakukan oleh penggantinya , Ingvar Carlsson . Pemilu di September 1991 digulingkan Sosial Demokrat ( Sosialis ) dari kekuasaan . Koalisi baru empat partai konservatif berjanji untuk mengurangi pajak dan negara kesejahteraan , tetapi tidak mengubah netralitas tradisional Swedia . Pada September 1994 Sosial Demokrat muncul lagi setelah tiga tahun sebagai partai oposisi .

Dalam referendum 1994 pemilih menyetujui bergabung dengan Uni Eropa . Meskipun mendukung serikat moneter Eropa , Swedia memutuskan untuk tidak mengadopsi euro ketika memulai debutnya pada tahun 1999 dan ditolak lagi sangat dalam referendum pada September 2003 .

Sosial Partai Demokrat dan pemimpinnya , Perdana Menteri Göran Persson , mudah memenangi pemilu presiden pada September 2002 . Sosial Demokrat kiri-tengah telah menjalankan pemerintahan selama enam dari tujuh dekade terakhir . Itu berubah ketika aliansi tengah-kanan yang dipimpin oleh Fredrik Reinfeldt konservatif , pemimpin Partai Moderat , memenangkan pemilu pada September 2006 .
Swedia Mulai Pindahkan ke Kanan

natalia purba

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.